Thursday, December 14, 2017

Cara Melepas Intake Manifold

Salah satu penyakit mobil tua adalah korosi pada intake manifold terutama pada bagian yang berkaitan dengan selang/pipa air coolant. Sudah 2x penulis menyaksikan kejadian mogok/rusak mobil karena overheat disebabkan bocor/patahnya nipple di intake manifold. Kejadian pertama terjadi di tol  cileunyi, akibatnya mobil harus diderek dari tol dan seharian di bengkel karena harus turun setengah mesin. Kejadian terakhir terjadi di tol cipali di tengah malam hari, untung driver cepat tanggap sehingga tidak sampai rusak parah. Setelah dibantu komunitas dengan tambalan plastic steel akhirnya sampai juga di jakarta walau sempat bocor lagi di bekasi.

Mungkin sebenarnya para pemilik VT/MR/Boomer sudah tahu kondisi nipple2 di manifoldnya dan galau. Tidak perlu galau, mudah perbaikannya dan murah. Tinggal copot manifold dan bawa ke bengkel bubut untuk diganti nipple baru. Di kota bdg, 1 buah nipple baru ongkosnya kisaran 50-100 rb.

Bagaimana cara melepas intake manifold adalah sebagai berikut :

1. Siapkan baskom besar untuk kuras radiator. Buka baut tap bawah radiator, kemudian buka tutup atas radiator. Kuras air radiator.

2. Buka baut 12 di rumah termostat.

3. Copot Karburator pakai kunci 10, bisa pakai kunci 10 sedikit ditekuk. Bila perlu buka 3 baut 12 cover klep dan geser cover klep.


4. Buka 2 baut 12 di plat pemegang kabel gas.


5. Foto selang2 yang ada, tandai dengan tipex. Ini dipakai untuk pemasangan kembali. Setelah di foto dan ditandai, boleh lepas selang-selangnya. Berikut selang-selangnya :

a- selang AC vakum terpasang ke vaccum AC
b- selang AC hisap terpasang pada pipa yg sama dengan booster rem
c- selang booster rem
d- selang karbu ke vaccum delco
e- selang manipol ke filter udara(selang kecil)
f- selang pendek ke pipa bypass




selang pendek ke pipa bypass
6. Buka baut/mur manifold. Ada 4 baut dan 3 mur. 2 mur dibawah tidak kelihatan, hanya bisa diraba.




no 2,6,7 adalah mur. No 7 dan 6 tidak kelihatan

7. Bawa manipol ke bengkel bubut, beres.


niplle baru





Untuk pemasangannya kembali, harus diganti kertas packingnya harga 20-30 rb. Bisa bikin sendiri pakai kertas packing.



No comments:

Post a Comment